Tujuan Negara: Sudut Pandang Pancasila

Tidak bermaksud mengajar, karena saya sendiri masih belajar. Toh saya saat ini bukan pengenyam pendidikan politik, namun pernah mendapat pelajaran Ekonomi, Sosiologi dan Tata Negara di bangku SMU. Dan seperti artikel yang lain, ini mungkin hanya logika gila saya saja. Mohon tidak berharap lebih.

Bila ada yang ingin berdiskusi silakan di kolom komentar.

Pancasila: Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara secara eksplisit tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke-4. Dengan kedudukannya tersebut Pancasila dipandang sebagai dasar atau pedoman dari setiap penyelenggaraan negara.

Bila Indonesia adalah bangunan, Pancasila adalah pondasi. Pancasila menjadi dasar dalam penyusunan peraturan perundang-undangan yang mengatur berbagai bidang kehidupan, baik ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Pancasila: Pandangan Hidup Bangsa

Maksud dalam pandangan hidup bangsa adalah hal-hal yang dapat dijadikan pedoman dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Pedoman yang harus dipatuhi oleh masyarakat sebagai bentuk nilai-nilai yang diyakini kebenarannya.

Pancasila adalah kristalisasi nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat Indonesia. Pancasila berakar pada budaya dan nilai-nilai religius sebagai keyakinan bangsa Indonesia. Sehingga dengan pandangan hidup, yaitu Pancasila, Bangsa Indonesia dapat dan mampu memandang dan memecahkan setiap masalah yang dihadapi secara tepat.

Pancasila yang memiliki lima asas, merupakan syarat agar tercipta kehidupan yang aman dan tentram serta selaras dengan apa yang diperintahkan Tuhan Yang Maha Esa.

Kondisi Negara Kini

Dalam kondisi masyarakat kini yang lebih mementingkan gengsi, tidak memiliki pegangan yang kuat mengenai sesuatu, lebih menyukai dan mengikuti sensasi, bersumbu pendek dalam bertindak, kurang berintegritas dan mementingkan reputasi, menurut saya tidak sesuai dengan dasar dan pandangan hidup bernegara dan berbangsa. Setiap keadaan menunjukkan tidak adanya pondasi yang kuat dalam memandang dan memecahkan masalah.

Mungkin masih banyak fenomena lain yang belum pernah saya sentuh. Namun kita dapat bertanya setiap menjumpai, apakah ini sesuai dengan falsafah Pancasila?

Mau Kemana Negara Ini?

Dengan peran penting Pancasila, dan setelah membaca ini, saya harap Anda bisa memilih lewat jalur cepat atau lambat, dan bisa menjawab satu US dollar bisa untuk apa. Ini adalah masalah integritas diri dan ukuran ekonomi dalam ruang lingkup global. Mulailah dari diri sendiri.

Negara ini memiliki sistem, Pancasila merupakan suatu pondasi yang kuat dan kokoh. Lakukan yang menjadi kewajiban Anda kepada negara agar setiap kegiatan penyelenggaraan negara dapat dilakukan dengan baik, misalkan dengan membayar pajak. Bila terjadi penyelewengan, silakan lapor ke KPK. Pelajari sistem dan gunakan jalur yang ada agar semua menjadi nyaman.

Bila memang nilai yang ada pada Pancasila merupakan sesuatu yang luhur dan sudah menjadi pandangan hidup berbangsa, harusnya semua memiliki tujuan yang sama. Namun diantara setiap tujuan seringkali terdapat ‘kepentingan’. Seperti halnya saya, berkepentingan untuk mencurahkan Logika Gila saya.

Yang jelas, perjuangan belum selesai!

Leave a Reply